Lagu Happy Birthday Terindah!
Dapatkan Gratis Disini!

Sepuluh Pertanyaan Mendasar

Mari kita cari jawabnya disini.
Silakan beri Komentarmu!

Terimakasih Boss!

Anda Siap?
Go!

--------------------------------------------------

'Pribadi Hebat' akan memuat dan mengulas Ide anda!

---------------------------------------------------------------

Banyak Dibaca

Suami-Suami Takut Istri

Pribadi hebat - Sup Ayam Hebat


oleh: Aziz Fajar Ariwibowo

Tentu kita tidak asing lagi dengan tayangan di salah satu stasiun televisi swasta yang bertajuk seperti judul diatas. Apalagi kemudian tayangan tersebut (suami-suami takut isteri – SSI) diangkat ke dalam layar lebar dengan pemeran yang sama, tentunya akan membuat penonton menjadi semakin penasaran.

Tayangan ini sebenarnya patut mendapat acungan jempol karena masih mampu bertahan hingga kini dan diputar hampir setiap hari pada prime time, artinya SSI masih mampu memikat hati penonton televisi untuk tidak memindahkan channel televisinya. Harus diakui memang plot cerita SSI dibuat sederhana dan terjadi pada kehidupan sehari-hari, sehingga penonton tidak harus menyimak dengan serius sambil mengernyitkan dahinya. Pemilihan para pemain juga terlihat pas dengan tokoh yang diperankan, apalagi mereka termasuk dalam kategori pemain baru sehingga mampu menyajikan sesuatu yang segar di antara dominasi pemain sinetron yang itu-itu saja.

Pada awalnya saya juga suka menonton SSI, namun setelah beberapa waktu buat saya pribadi SSI menjadi sedikit membosankan karena metode yang digunakan untuk membuat penonton tertawa tidak berubah. Selalu para suami yang mata keranjang disuruh pulang oleh para isteri dengan caranya masing-masing. Ada yang dipukul, dicubit, dilempar sandal, serta disuruh jalan pocong dan bebek. Terasa SSI menjadi berkurang kreativitasnya, karena dari satu episode ke episode selanjutnya terlihat tidak ada perubahan yang signifikan. Rasanya sama seperti sedang melihat serial kartun anak-anak Tom and Jerry.

Selain itu, ada satu hal yang pada akhirnya membuat saya menjadi tidak menyukai SSI yaitu kekerasan isteri kepada suami yang ditayangkan pada waktu dimana kemungkinan dilihat oleh anak-anak sangat tinggi. Saya kuatir apabila kekerasan itu ditayangkan kepada anak-anak, selucu apapun dan meskipun dengan tujuan hanya untuk menghibur, akan mengendap dalam ketidaksadaran mereka dan suatu saat nanti akan keluar sebagai sebuah kebiasaan sekaligus menjadi sebuah kebenaran. Pembenaran bagi perilaku anak-anak kita nantinya bahwa sah bagi isteri untuk melakukan kekerasan terhadap suaminya.

Kekerasan, dari siapapun, kepada siapapun dan dalam bentuk apapun sangat tidak dibenarkan baik oleh prinsip kemanusiaan apalagi menurut dasar agama. Saya sendiri sangat menentang segala bentuk kekerasan domestik yang dilakukan oleh para suami kepada isterinya. Begitu juga hal yang sama akan saya lakukan apabila kondisi tersebut diposisikan terbalik, dimana para isteri yang melakukan kekerasan kepada suaminya.

Tidak pada tempatnya seorang isteri memukul suaminya. Karena Allah mengajarkan kepada manusia cara berumah tangga yang baik melalui syariat shalat. Ibaratnya shalat adalah sebuah rumah tangga, dimana imam adalah sang suami dan ma’mum adalah sang isteri dan anak-anaknya. Maka selama imam melaksanakan shalat sesuai ajaran Nabi Muhammad serta bacaannya benar, maka wajib bagi ma’mum untuk tunduk dan mengikuti segala gerakan imam.

Syariat shalat sangat demokratis. Terbukti saat imam melakukan kesalahan, ma’mum diperbolehkan memperingatkan imam dengan membaca subhanallah (untuk anak laki-laki) atau bertepuk tangan satu kali (untuk isteri dan anak perempuan). Apabila imam batal, atas kesadarannya sendiri, imam diwajibkan untuk mengundurkan diri dari posisi sebagai imam dan digantikan oleh salah satu ma’mumnya sesuai syariat.

Metode ini menuntut pengertian yang tinggi baik dari imam (suami) maupun ma’mum (isteri), karena apabila salah satu pihak melakukan kesalahan maka mereka harus bersedia untuk diperingatkan. Lebih jauh lagi, sang imam (suami) juga dituntut untuk tidak egois mempertahankan posisinya sebagai pemimpin apabila dia memang melakukan kesalahan vital yang menyebabkan posisinya sebagai pemimpin menjadi batal.

Saya ngeri sendiri membayangkan seandainya anak-anak perempuan kita yang saat ini menonton SSI setelah besar nanti menganggap bahwa memukul suami adalah sah dan benar. Bahwa kesetaraan gender diwujudkan dalam pengambilalihan posisi imam oleh isteri meskipun sang suami yang sedang menjadi imam tidak melakukan kesalahan apapun dan juga sedang tidak batal. Betapa banyak pertengkaran dalam kehidupan rumah tangga anak-anak kita nantinya akibat pemahaman salah tersebut yang berasal dari ketidaksadaran mereka di masa kecil. Pemahaman bahwa suami bukanlah lagi imam tetapi berubah menjadi isteri sebagai imam, sehingga suami wajib tunduk dan patuh kepada isterinya.

Satu hal yang bisa saya lakukan saat ini hanyalah berharap. Berharap semoga semua itu tidak terjadi. Semoga hiburan tetaplah dianggap sebagai hiburan belaka. Semoga SSI tidak mengendap dalam alam ketidaksadaran anak-anak kita sebagai sebuah sebuah prinsip hidup. Semoga Allah terus berkehendak menjaga akidah kita dan anak-anak kita nantinya sehingga tetap lurus berada pada jalan-Nya.

Ihdinashshirâth al mustaqîm, shirâth alladzîna an’amta ‘alaihim ghairil maghdlûbi ‘alaihim waladhdhâllîn.

Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat (Al Fatihah ayat 7 – 8).

Banyuwangi, 10 Desember 2008

Aziz Fajar Ariwibowo

see my blog : http://aziz-fajar.blogs.friendster.com/azizfajar/

0 komentar: